Sun. Oct 20th, 2019

Misafajava

Kongregasi Para Misionaris Keluarga Kudus (MSF)

Lentera Keluarga

Lentera Keluarga
Tahun C-1. Sabtu Minggu Paska III
Sabtu, 11 Mei 2019.
Kuasa Allah Dalam Pewartaan Injil
Bacaan: Kis 9:31-42; Mzm 116:12-13.14-15.16-17; Yoh 6:60-69.

Renungan:
Jemaat bertambah besar, dan Petrus berkeliling mengadakan kunjungan ke arah barat Yerusalem yaitu Lida dan Yope. Kuasa Tuhan menyertai Petrus sehingga melaluinya Allah menganugerahkan kesembuhan bagi Eneas di Lida dan kebangkitan bagi Tabita di Yope. Peristiwa tersebut menjadi pematik perkembangan iman di Lida dan Yope.
Pewartaan Injil tidak berhenti membaptiskan dan memasukkan banyak orang menjadi kristen. Pewartaan Injil dinyatakan dengan sapaan-sapaan iman kepada jemaat; serta keperdulian dan kemampuan untuk menjawab kebutuhan iman jemaat. Kekuatan penginjilan tidak dapat diukur dengan setumpuk program, padatnya agenda pertemuan, suksesnya perayaan akbar, besarnya pencarian dana. Penginjilan adalah tindakan keluar untuk menyapa, berbagi kisah tentang Yesus, perduli kepada kebutuhan orang lain, ikut meringatkan beban kehidupan orang lain, kehidupan komunitas basis yang personal, pelatihan misioner dan perutusan. Dalam setiap keluarga yang kita kunjungi selalu “ada sesuatu” yang diharapkan dari kita yang hanya kita ketahui ketika kita membangun relasi personal kegembalaan dengan mereka. Membiarkan kita “kena” pada pergumulan hidup, ikut mengambil bagian dalam mencari solusi konkret dalam setiap pergumulan. Banyak hal kita tidak mampu dan tidak tahu, tetapi begitu kita bisa masuk ke dalamnya, Roh Kudus akan memberikan jalan keluarga bagi setiap pergumulan jemaat. Dan bukan itu jalan bagi mereka, tetapi juga Roh Kudus akan semakin melengkapi kita dengan kuasaNya.

Kontemplasi:
Gambarkan bagaimana Petrus berkeliling dan membiarkan hidupnya bersentuhan dengan situasi hidup konkret jemaat, terutama pada kebutuhan hidup mereka.

Refleksi:
Apakah sebagai murid Yesus, aku aktif keluar menyapa saudara-saudara dan ikut mengambil bagian dalam pergumulan hidup mereka?

Doa
Ya Bapa, semoga kami semakin berani menjadi pelayanan injilMu yang menyapa, membangun relasi personal, terlibat dalam pergumulan hidup jemaat dan mengandalkan kuasa Roh KudusMu.

Perutusan:
Sapalah tetangga anda, bangunlah relasi dengan saudara-saudara di sekitar anda dan nyatakanlah kebaikan Tuhan melalui perhatian dan kepedulian yang anda berikan.

https://youtu.be/rk8ERxqCZqQ (Morist MSF: www.misafajava.org).

Leave a Reply

%d bloggers like this: