Sun. Oct 20th, 2019

Misafajava

Kongregasi Para Misionaris Keluarga Kudus (MSF)

RIP. Rm. Ag. Suwartana Susilo MSF

Riwayat Hidup

Rm Agustinus Suwartana Susilo, anggota propinsi Jawa, anggota dari Rukun Jakarta. Ia lahir di Nanggulan Kulonprogo, 23 Agustus 1967. Ia adalah anak ke empat dari 4 bersaudara, putera dari Bpk. Antonius Djemija Partodiharja (alm) dan Ibu. Theresia Mukinah (alm). Dua anak laki-laki keluarga ini menjadi imam. Kakak Rm Agustinus Suwartana Susilo adalah Rm Yohanes Sutiman OSC (alm). Ia masuk ke Seminari Menengah Mertoyudan pada tahun 1987 dan masuk ke Novisiat MSF tahun 1988. Ia mengikrarkan kaul yang pertama di Yogyakarta, 22 Juli 1988 dan ditahbiskan menjadi imam di Yogyakarta, 10 Agustus 1995.

Setelah tahbisan, dari tahun 1995-2000, Rm Agustinus Suwartana Susilo pastor asistensi di Paroki St. Petrus Purwosari-Solo dan tugas utama studi Licensiat di FTW, St.Yohanes Evangelista Kudus dan St.Paulus Sendangguwo-Semarang. Pada tahun 2000, ia diutus untuk Studi Pastoral Kaul Muda di Univesitas Salasiana Roma dan menyelesaikannya pada tahun 2002. Ia pulang ke Indonesia dan menjadi Pastor Vikaris di Paroki St. Petrus dan Paulus Minomartani Yogyakarta. Sejak tahun 2003, Rm Agustinus Suwartana Susilo mengambil bagian sebagai Staff Seminari dan kemudian menjadi Rektor Skolastikat MSF Yogyakarta dari tahun 2007-2013. Ia dikenal dengan Rektor yang gemar menyanyi dan membuat pantun. Ia aktif juga menggerakkan kerabat MSF dan merintis berdirinya Buletin Mekar untuk Kerabat MSF. Selesai menjadi Rektor, pada tahun 2013-2018, ia menjadi Pastor Paroki St. Paulus- Kleco-Surakarta.

Setelah kematian dari kakaknya, kondisi kesehatan Rm. Agustinus Suwartana Susilo MSF menurun. Ia beberapa kali dirawat di RS Brayat Surakarta. Pada tahun 2018, ia didiagnosa menderita kanker dan mendapat perawatan di RS. Carolus di Jakarta dan tinggal di Komunitas Sunter. Karena kondisi kesehatannya menurun, Rm Susilo pada tanggal 10 Agustus 2019 dirawat di RS. Elisabeth Semarang. Ia pun sempat merayakan hari ulang tahunnya yang ke 52 di RS. Elisabeth dalam Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Rm. Simon Petrus Sumargo MSF, Propinsial MSF Jawa, dan dihadiri oleh para konfrater dan umat. Dalam kondisi yang lemah, ia masih dapat memberikan sambutan dan mengungkapkan motonya: “Tetapi harta ini kami punyai dalam bejana tanah liat supaya nyata, bahwa kekuatan yang melimpah-limpah itu berasal dari Allah, bukan dari diri kami. (2 Kor 4:7)”.

Rm Agustinus Suwartana Susilo MSF berpulang ke pangkuan Bapa pada 14 September 2019 pk. 04.00 WIB dan dimakamkan di Sasana Golgota pada 16 September 2019.

Leave a Reply

%d bloggers like this: