Mon. Sep 16th, 2019

Misafajava

Kongregasi Para Misionaris Keluarga Kudus (MSF)

Karya

Pengantar Umum

Tarekat MSF Propinsi Jawa memegang ketiga kerasulan: Misi, Panggilan dan Keluarga sebagai karya  pastoral yang perlu dihidupi oleh seluruh anggota.  Meski  bisa dibedakan, tetapi ketiganya saling berkaitan,  dan mengarah pada satu  tujuan:  Adanya misionaris yang cukup dan tangguh untuk melaksakanan perutusan misioner.

Konstitusi Para Misionaris Keluarga Kudus (MSF) menegaskan bahwa tujuan didirikannya tarekat ini adalah kerasulan di antara “orang-orang yang masih jauh, yaitu sebanyak yang akan dipanggil oleh Tuhan Allah kita” (K 2). Untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan banyak tenaga, para misionaris yang siap mengemban tugas perutusan misioner.

Kerasulan Panggilan dalam hal ini merupakan tugas yang amat penting (K 3). Bibit-bibit Panggilan yang handal biasanya  muncul dari keluarga yang baik. Oleh karena itu Konstitusi juga berbicara tentang perlunya perhatian pada Pastoral Keluarga. Dalam perspektif ini Kerasulan Keluarga merupakan juga Kerasulan Panggilan (K 4).

Dari tinjauan di atas nampak jelas bahwa ketiga kerasulan: Misi, Panggilan dan Keluarga diharapkan bekerjasama, membentuk sinergi demi satu tujuan yang sama. Pentingnya kerjasama ini juga disadari oleh para anggota, yang sekurang-kurangnya terungkap dalam dua keputusan Kapitel Propinsi (th. 2007 dan th. 2010). Dirindukan Kerjasama yang erat antara Romo Paroki dengan tim Kerasulan Paggilan untuk menjaring Panggilan (Rekomendasi Keputusan Kapitel Propinsi  th. 2007 no. 9),  dan dengan tim Kerasulan Keluarga (Rekomendasi Kapitel Propinsi th. 2007 no. 10). Kapitel Propinsi MSF Jawa th. 2010 ketika membuat keputusan tentang Visi Dasar (2010-2016), dalam bagian d), menyebutkan bahwa demi efektifitas dan sinergitas tim kerja dan kerasulan, perlu perampingan anggota.

Dengan latar belakang di atas, telah dibuat pedoman ketiga kerasulan oleh masing-masing tim yang bersangkutan. Diusahakan bahwa masing-masing pedoman tidak berdiri sendiri, tetapi mengacu pada satu misi bersama: mendukung penyediaan para Misionari Keluarga Kudus yang handal, yang siap diutus untuk mewartakan Kabar Gembira keselamatan Allah. Oleh karena itu, selain diusahakan struktur yang sama dalam penulisan, tetapi yang tidak kalah pentingnya adalah, isi dari masing-masing pedoman ini entah langsung atau tidak langsung berkaitan dengan upaya untuk menyiapkan tenaga Misionaris Keluarga Kudus.

%d bloggers like this: