Sun. Aug 25th, 2019

Misafajava

Kongregasi Para Misionaris Keluarga Kudus (MSF)

Kerasulan Keluarga

Menurut Konstitusi dan Direktorium para Misionaris Keluarga Kudus 1985, Kongregasi Misionaris Keluarga Kudus mempunyai tiga karisma, yakni: pengutusan, pembaktian diri kepada Allah dan hidup bersama. Karisma Misi diwujudkan dalam Kerasulan Misioner dan  menurut Konstitusi Kerasulan Misioner merupakan panggilan dasar Kongregasi kita (bdk. K.1-2). Perwujudan Kerasulan Misioner ini ditopang oleh Kerasulan Panggian dengan menyiapkan tenaga-tenaga misioner (bdk. K.3). Tersedianya para misionaris yang siap diutus ditopang oleh Kerasulan Keluarga.  Dalam hal ini Konstitusi 1985 mengatakan: “Tergerak oleh ajakan Pendiri kita, maka sebagai Misionaris Keluarga Kudus kita menitikberatkan pastoral keluarga. Keluarga Kristen adalah Gereja dalam bentuk kecil. Di dalamnya terwujudlah Kerajaan Allah dan melalui pengaruh mereka keluarga-keluarga yang lainpun ikut digerakkan. Sesuai dengan maksud Peter Berthier, pastoral keluarga di mata kita merupakan juga kerasulan panggilan” (K. 4). Kerasulan Keluarga merupakan Kerasulan yang dimaksudkan untuk mendukung baik Kerasulan Panggilan maupun dan terutama Kerasulan Misioner.

Konstitusi no.4 dan Direktorium Umum no. 010 merumuskan visi Kerasulan keluarga MSF yaitu: (1) Keluarga Kristen dilihat sebagai Gereja Kecil; (2) Dalam Keluarga terwujudlah kerajaan Allah; (3) Cara hidup para anggota MSF hendaknya menjadi teladan iman bagi keluarga-Keluarga.  Sedangkan misi khas Kerasulan Keluarga MSF dapat kita temukan dalam Konstitusi no. 4 ¨Sesuai dengan maksud Pater Berthier, pastoral keluarga di mata kita merupakan juga kerasulan panggilan”. Selain itu, Kerasulan Keluarga mengambil misi Gereja Universal, Nasional maupun Lokal, yaitu membantu keluarga-keluarga dalam situasi konkretnya dengan berbagai masalah dan tantangannya dapat menghayati iman serta kehidupan keluarga (sakramen) mereka secara maksimal.

Visi dan Misi khas Kerasulan Keluarga diwujudkan dengan berbagai macam strategi: (1) membangun pusat pelatihan dan informasi dan (2) membantu para misionaris MSF mengembangkan kemampuan, minat dan bakat dalam Kerasulan Keluarga.

%d bloggers like this: